Perkembangan dunia digital yang dihegemoni oleh sosial media
menuntut PR dan marketing perusahaan pandai-pandai melakukan ekspansi
produk melalui internet. Sebab pertarungan merek didunia internet sangat
riuh dan penuh kompetitor, popularitas merek di mesin pencari tidak
lagi didominasi oleh perusahaan besar, tetapi oleh tim PR yang kreatif.
Sosial media menjadi alat paling penting untuk eksekusi berbagai bisnis. Ini merupakan salah satu tanggung jawab dari tim Public Relations
(PR) untuk berkomunikasi dengan publik, dan salah satu alat yang
efektif adalah media sosial. Mari kita lihat beberapa cara dimana media
sosial memberikan kontribusi untuk keberhasilan PR dan mengapa ini
penting:
Membangun hubungan Horisontal dengan Audiens
Kunci untuk sebuah kampanye yang sukses adalah selalu terlibat dengan
audiens Anda secara konsisten. Hal ini sangat penting dan dapat
memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah cara untuk menjaga hubungan baik
dengan pelanggan Anda.
Hubungan media
Selain televisi dan cetak, internet sekarang banyak digunakan sebagai
sumber berita, hiburan, dan banyak lagi. Inilah saat yang tepat
menggunakan sosial media untuk menghubungkan, menulis konten informatif,
dan berbagi dengan publik. Ini adalah cara-cara yang bagus untuk
membiarkan media menemukan Anda dan berita Anda, dan berinteraksi dengan
mereka.
Membesarkan merek
Membangun reputasi positif untuk sebuah merek membutuhkan ketekunan.
Dan tantangan yang lebih besar selalu hadir saat kita menjaga reputasi
yang baik tersebut.
Tidak bisa disangkal, iklan dapat membantu kita menjaga citra,
sedangkan PR menjadi dasar untuk membangun merek. Langkah ini tidak
boleh diabaikan oleh perusahaan. Jadi apa peran sosial media di sini?
Media sosial dapat membantu dalam proses karena memungkinkan perusahaan untuk menjangkau target audiens yang dituju.
Manajemen krisis
Sekarang perusahaan memiliki halaman penggemar (Facebook) dan
Twitter. Gunakan untuk menanggapi dengan sopan setiap keluhan
pelanggan. Selain kesempatan untuk meredakan situasi dengan cepat, Anda
dapat menciptakan kesan purna jual yang baik. Seperti yang disebutkan
sebelumnya, media sosial adalah platform yang bagus untuk keterlibatan
pelanggan secara keseluruhan jadi pastikan Anda siap untuk mengambil
tindakan.
Loyalitas merek
Menanggapi komentar dan tweets dapat menghasilkan kesan yang positif. Hal ini dikarenakan para pelanggan dan pembaca merasa terlibat dan sangat dihargai.
Ingat, loyalitas adalah lebih dari sekedar pembelian kembali.
Pelanggan yang loyal tidak hanya akan kembali membeli produk Anda namun
juga mendatangkan pelanggan baru. Satu hal lagi, agar fungsi media
sosial maksimal, dengarkan audiens Anda. audiens Anda mungkin ingin
berbagi cerita dengan Anda.
Ingat bahwa media sosial merupakan ruang yang sangat toleran dan
memperhatikan sebuah hubungan yang baik. Jika anda peduli dengan
audiens, tentu audiens juga peduli dengan apa yang anda sampaikan
termasuk review tentang produk.