http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/41577_49281124701_9163_n.jpg
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI STISIP
PERSADA BUNDA PEKANBARU
T.A. 2013/2014

NAMA MATA KULIAH
:
WAWANCARA
Bobot
:
3 SKS
Jurusan
:
Ilmu Komunikasi
Dosen
:
Wan Firmansyah, M.I.Kom
No Phone
:
085265922322
Email
:
Blog
:


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini berisikan tentang pengertian, jenis, bentuk dan manfaat wawancara. Komponen – komponen dalam wawancara, keterampilan dasar wawancara, teknik menyusun panduan wawancara, pendekatan-pendekatan dalam wawancara, pengolahan-pengolahan hasil wawancara dan beberapa wawancara dalam setting tertentu.

TUJUAN MATA KULIAH

Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami konsep dasar wawancara dan mampu melakukan keterampilan dasar wawancara.
Tujuan Khusus :
Mahasiswa mampu membuat desain wawancara
1.       Mahasiswa mampu menyusun panduan wawancara
2.       Mahasiswa mampu melakukan wawancara menggunakan keterampilan dasar
wawancara
3.       Mahasiswa mampu melakukan wawancara dalam konteks tertentu (in context)

STRATEGI PERKULIAHAN :

Perkuliahan ini dilakukan secara tutorial/ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan praktikum.

METODE PERKULIAHAN :
1. Ceramah dan diskusi kelas                 : 30 % = 5 pertemuan
2. Simulasi                                               : 40 % = 6 pertemuan
3. Praktikum                                             : 20 % = 3 pertemuan
4. Evaluasi (UTS & UAS)                       : 10 % = 2 pertemuan
Total pemenuhan jam perkuliahan           : 100% = 16 pertemuan

TATA TERTIB PERKULIAHAN

1.     Batas terlambat hadir 15 menit dari waktu yang telah ditentukan.
2.     Wajib berpakaian sesuai ketentuan yang berlaku
3.     Memakai sepatu

PENILAIAN
1.       Partisipasi            : 20%
2.       Tugas                  : 20%
3.       UTS                    : 30%
4.       UAS                    : 30%

REFERENSI :
1.       Wawancara sebagai metode efektif untuk memhami perilaku manusia, Rr. Indah Ria Sulistyarini 2012
2.       Problem in Practice Interviewing, Glynis M. Breakwell, 1990.
3.       Observasi & Wawancara, Iin Tri Rahayu & Tristiadi A.A., 2004
4.       Metode lolos ampuh melamarkerja, Nur Fadilah 2013


SESI
MATERI PERKULIAHAN
TUJUAN
I
Pendahuluan
Tata tertib perkuliahan
Gambaran umum mata kuliah
Mahasiswa mengetahui dan memahami tata tertib perkuliahan dan gambaran umum mata kuliah.
II
Pendahuluan
a. Pengertian
b. Penggunaan wawancara
c.Tujuan & Fugsi Wawancara
d. Macam-macam wawancara
Mahasiswa memahami
pengertian, tujuan dan
Macam-macam wawancara
menguasai keterampilan
dasarnya
III
Komunikasi Non verbal dalam wawancara
Pihak yang diwawancara
Pewawancara
Mahasiswa memahami dan
Menguasai komunikasi nonverbal dalam wawancara
IV
Kecakapan Dalam wawancara
a. Persiapan dalam wawancara
b. Strategi wawancara
c. Keterampilan wawancara
Mahasiswa memahami dan
menguasai keterampilan
dasar wawancara
V
Proses Wawancara
a. Perencanaan wawancara
b. Mengawali wawancara
c. Pelaksanaan wawancara
d. Pencatatan hasil wawancara
Mahasiswa memahami dan
menguasai keterampilan
dasar wawancara
VI
Jenis-jenis pertanyaan dan Penggunaannya
Jenis-jenis pertanyaan
Pertanyaan yang menjebak
Urutan pertanyaan
Mahasiswa menguasai
keterampilan dasar dalam
wawancara
VII

Praktikum dan Simulasi Wawancara
Mahasiswa menguasai
keterampilan dasar dalam
wawancara
VIII
UJIAN TENGAH SEMESTER
Evaluasi materi I s/d  VII
IX
Wawancara Kerja
Tips dalam Wawancara
Bahasa Tubuh
Kesalahan dalam wawancara
Hal yang harus diperhatikan sebelum & Sesudah Wawancara
Mahasiswa memahami dan
menguasai bagaimana lolos dalam wawancara
X
Wawancara Survei
a. Pengertian WS
b. menentukan tujuan WS
c. Langkah-langkah WS
d. Wawancara by telepon
Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang Wawancara Survei
XI
Wawancara Mendalam
Penentuan Tujuan Wawancara mendalam
Persiapan pelaksanaan wawancara
Pelaksanaan wawancara
Pencatatan hasil wawancara
Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang wawancara mendalam
XII
Wawancara Konseling
Tahap-tahap WK
Keterampilan Konseling
Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang Wawancara Konseling
XIII
Kesahihan Data
a. Validitas & Reliabilitas
b. MetodeTriangulasi
Mahasiswa memahami
vailiditas dan reliabilitas wawancara. Mahasiswa mampu melakukan triangulasi data dari hasil wawancara
XIV
Presentasi Hasil Wawancara Survei
Diskusi hasil WS
Mengetahui kelebihan dan kelemahan hasil WS

Mahasiswa memahami
kelemahan dan kelebihan
hasil wawancara survei
XV
Review materi

XVI
UJIAN AKHIR SEMESTER
Evalusi materi IX s/d XV

Pekanbaru, 28 September 2013
Dosen Pengampu,




Wan Firmansyah, M.I.Kom